Batik KontemPorer

Posted by KAK DOTO Rabu, 26 Oktober 2016 2 komentar
Contoh Motif batik Kontemporer
Apa sih batik kontemporer itu? Sesuai dengan kata "kontemporer" yang berarti terkini, dewasa ini atau bisa juga diartikan yang sedang trendi, maka jika dikaitkan dengan kata batik, pengertian "batik kontemporer" berarti memiliki makna batik masa kini yang proses penciptaannya lebih banyak dibuat oleh para perupa batik (seniman batik) atau para disainer batik. 

Pada umumnya para perupa batik, ataupun para pendisain batik kontemporer, didalam mencipta batik, pada awalnya bertujuan hanya untuk kepuasan batiniahnya dalam mengekspresikan emosi estetiknya. Karya-karyanya sebagian besar untuk hiasan dinding. Motif-motif yang dipilih bergaya bebas tidak terikat oleh bentuk-bentuk sebelumnya yang terikat oleh aturan ataupun acuan pembuatan batik.

Teknik pembuatan batik cenderung seperti apa yang dilakukan oleh seorang pelukis, tidak terikat pada canting yang biasa digunakan dalam proses pembuatan batik. Penggarapannya sama persis seperti melukis, hanya teknik proses pewarnaannya saja yang menggunakan teknik membatik.

Batik kontemporer cenderung berpola bebas. Biasanya motif yang dipilihnya mengambil dari bentuk-bentuk seni primitif seperti bentuk-bentuk patung manusia, hewan, alam tumbuh-tumbuhan, rokh, dan bentuk-bentuk abstrak. Selain itu ada juga yang mengambil dari bentuk-bentuk instrumen musik, tarian-tarian tradisi yang ada di daerah setempat. Berikut adalah salah satu contoh motif batik kontemporer dengan mengambil bentuk motif manusia.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Batik KontemPorer
Ditulis oleh KAK DOTO
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://batikjoss.blogspot.com/2016/10/batik-konten-porer.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

2 komentar:

wellnesspitch mengatakan...

On account of amusement we take an interest practically in a uninvolved way and in spite of the fact that we might be exceptionally ready and conscious during the time spent watching a film, diversion provides us with the deception of non investment as we don't have the chance to get intentionally associated with the situation. Anything that provides us with some type of delight could be considered as diversion in spite of the fact that amusement could likewise give us WELL NESSPITCH as when we cry when we get genuinely engaged with characters while we watch a film.

iqtechtime mengatakan...

This is normally interesting to independent journalists, basic helpers, virtual experts and planners. Before you start your home based small business

Posting Komentar

trikmudahseo.blogspot.com support www.evafashionstore.com - Original design by Bamz | Copyright of BATIK INDONESIA.