Batik Palembang

Posted by KAK DOTO Minggu, 09 Juni 2013 0 komentar

Artikel kali ini masih membicarakan tentang batik yang berada di daerah Sumatera. Sebelumnya pernah kita bahas tentang Batik Aceh, Batik Jambi, Batik Riau, Batik Padang, Batik Kaganga Bengkulu, Batik Besurek Bengkulu, Batik Lampung. Dan kali ini kita akan sajikan mengenai Batik Palembang.
Bagi anda yang pecinta kuliner, mengenal kota Palembang dengan makanan khasnya yaitu pempek. Sedangkan untuk anda pecinta kain Nusantara mengenal Palembang dengan keindahan kain songketnya. Selain itu, Palembang yang terletak di Provinsi Sumatera Selatan ini juga mengembangkan kerajinan batik yang mencirikhaskan Palembang pada setiap motif batiknya. Batik Palembang, dalam sejarahnya batik Palembang memang berasal dari Jawa sekitar 100 tahun yang lalu dengan motif yang telah mengalami adaptasi dengan budaya Palembang.
Batik Palembang Motif Songket
Batik Palembang Motif Songket
Sumber: http://www.kriyalea.com
Batik Palembang ini memiliki keunggulan yang tak kalah menarik dari batik lain di Indonesia. Batik Palembang memiliki motif yang mengikuti syariat Islam, yaitu tidak menggunakan gambar binatang dan manusia sebagai hiasan. Sebagian besar motif batik Palembang adalah motif bunga teh dan motif lasem yang dihiasi garis simetris dan berbagai simbol tanaman, sedangkan motif bunga teh kainnya dipenuhi dengan gambar bunga teh.
Batik Palembang Motif Lasem
Batik Palembang Motif Lasem
Sumber: http://sketsabudaya.blogspot.com
Batik Palembang Motif Bunga Teh
Batik Palembang Motif Bunga Teh
Sumber: http://rumahbatik-ifa.blogspot.com
Beberapa contoh motif batik Palembang yang lain adalah motif songket, kerak mutung, jukung, kembang jepri, sisik ikan, motif jumputan, gribik, encim, kembang bakung, sembagi, dan lain sebagainya.
Batik Palembang Motif Songket
Batik Palembang Motif Songket
Sumber: http://yundahamasah.blogspot.com
Proses pembuatannya batik Palembang sedikit berbeda dengan pembuatan batik di Jawa pada umumnya. Kalau di Jawa kain yang akan dibatik cukup disampirkan kemudian dibatik tetapi kalau Batik Palembang kainnya dibentangkan dengan kencang baru kemudian dibatik. Secara umum batik Palembang dibuat dengan dua cara, dicap dan ditulis, sama dengan teknik membatik pada umumnya. Namun saat ini juga dikembangkan batik dengan teknik printing. Batik Palembang menggunakan bahan sutra, organdi, jumputan, katun, dan blongsong. Untuk pewarnaan menggunakan warna cerah khas Melayu, seperti merah, kuning dan hijau terang.
Proses Pembuatan Batik Palembang
Proses Pembuatan Batik Palembang
Sumber: http://produsenbatik.com
Pengrajin batik Palembang saat ini masih sedikit sulit untuk ditemui. Karena itu, perlu dukungan beberapa pihak untuk tetap melestarikan seni budaya batik ini. Pihak Kesultanan Palembang berupaya melestarikan kekayaan seni dan budaya peninggalan nenek moyang mereka tersebut, tentunya dengan menggali dan mengumpulkan serta memproduksi kembali batik tulis.
Batik Palembang Motif Songket
Batik Palembang Motif Songket
Sumber: http://kacamatamakna.blogspot.com
Batik Palembang Motif Jumputan
Batik Palembang Motif Jumputan
Sumber: http://yundahamasah.blogspot.com
Lokasi pengrajin batik Palembang bisa ditemui di sepanjang Jl. Aiptu Wahab Palembang sedangkan toko-toko yang sekarang banyak menjual batik Palembang banyak tersebar di daerah Pasar 16 Ilir baru, komplek Hero, di samping Ramayana.
Batik Palembang Motif Kembang Bakung
Batik Palembang Motif Kembang Bakung
Sumber: http://songketserengamsetia.files.wordpress.com
Batik Palembang merupakan salah satu khasanah dari keragaman batik di Nusantara. Anda bisa menambahkan Batik Palembang sebagai koleksi kain maupun busana anda. Semoga bermanfaat.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Batik Palembang
Ditulis oleh KAK DOTO
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://batikjoss.blogspot.com/2013/06/batik-palembang.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

trikmudahseo.blogspot.com support www.evafashionstore.com - Original design by Bamz | Copyright of BATIK INDONESIA.