Cara Merawat Batik Tulis

Posted by KAK DOTO Minggu, 02 Juni 2013 1 komentar

Bangganya jadi warga Negara Indonesia. Yapp! Jelaslah, karena Indonesia Negara kepulauan besar yang kaya raya dan memiliki beragam jenis budaya. Mulai dari kuliner, tarian, alat musik, keramah tamahanannya dan masih banyak lagi. Salah satu hal yang juga membanggakan Indonesia adalah akhirnya setelah sempet diakui sama si “tetangga sebelah” batik Indonesia pada tanggal 9 Oktober 1999 secara resmi diakui UNESCO kedalam daftar representative sebagai budaya tak – benda warisan manusia (Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity). Kalo dulu batik cuma dipake untuk acara – acara tertentu aja, tapi sekarang Batik sudah menjadi trend fashion di Indonesia dan diluar negeri. Banyak yang pake batik tapi ga ngerti gimana cara ngerawatnya. Padahal merawat batik berbeda dari baju atau kain lainnya. Perlu perlakuan khusus. Biar batiknya tetep cemerlang dan ga kusam, boleh nih ikutin tips dibawah ini:
  1. Kalo batiknya ga kotor – kotor amat, cukup direndam aja sama air hangat. Tetapi bila bener – bener kotor, misalnya kejatuhan santen ato si temen iseng sengaja meperin minyak ke baju kamu, bisa tuh bisa dihilangkan dengan sabun mandi atau kulit jeruk.
  2. Saat mencuci kain atau baju batik kesayangan jangan disikat yaa, cukup dengan dikucek aja dengan lembut, terutama dibagian kotornya aja. Ohya disarankan jangan menggunakan sabun deterjen, karena sifatnya yang terlalu keras sehingga dapat mengikis warna pada kain batik. Shampo rambut bisa digunakan untuk mencuci kain batik atau gunakan produk khusus yang banyak dijual di toko maupun galleri batik (misalnya: klerak)
  3. Tips ke 3, pas mencuci baju atau kain batik, sebaiknya ga usah diperas. Hindari juga penggunaan mesin cuci. Cukup ditarik bagian ujung-ujungnya saja agar kain/baju batik lurus kembali
  4. Sebaiknya pas menjemur kain atau baju batik jangan langsung dibawah terik matahari, cukup dijemur ditempat teduh atau diangin – anginkan. Fyi, sinar matahari langsung bisa membuat warna kain cepat memudar lho.
  5. Saat menyetrika kain atau baju batik jangan disetrika secara langsung. Setrika bagian dalamnya saja atau kalau terlalu kusut, lapisi dulu dengan kain bersih lain sebelum disetrika.
  6. Sebaiknya tidak menyemprot kain/baju batik dengan parfum atau pengharum badan lainnya secara langsung, karena hal ini dapat merusak warna pada corak kain/baju batik.
  7. Last but not least, hindari penggunaan kapur barus dan kawan – kawannya saat menyimpan dilemari. Alternatifnya bisa menggunakan merica atau lada yang dibungkus dengan tissue dan diletakkan di pojok – pojok lemari.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Merawat Batik Tulis
Ditulis oleh KAK DOTO
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://batikjoss.blogspot.com/2013/06/cara-merawat-batik-tulis.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 komentar:

KAK DOTO mengatakan...

matur nuwun infonya

Posting Komentar

trikmudahseo.blogspot.com support www.evafashionstore.com - Original design by Bamz | Copyright of BATIK INDONESIA.