PERUSAHAAN BATIK

Posted by KAK DOTO Rabu, 19 Juni 2013 4 komentar


OMAH BATIK 
SENDANG TULUNGAGUNG

A. Pendahuluan
 
Perusahaan bisnis yang kami jalankan diberi nama Omah Batik. Perusahaan ini bergerak di bidang pemasaran batik. ‘Omah’ dalam bahasa Indonesia berarti rumah. Di dalam Omah Batik ini tersedia bermacam-macam barang bermotif batik. Seperti yang kita ketahui, batik semakin diminati oleh banyak kalangan dan masyarakat. Tidak hanya di dalam negeri, di luar negeri pun batik kian digemari. Oleh karena itu, strategi pemasaran yang kami gunakan adalah media jejaring social yang terkenal dan banyak digemari masyarakat agar penjualan dapat dilakukan secara online dan dapat diakses oleh seluruh masyarakat di berbagai daerah. Selain pakaian batik, kami juga menyediakan produk bermotif batik lainnya, seperti sarung bantal, tas, softcase laptop, dompet, dan sandal.
Sebelum membuat bisnis plan ini, kami menyebarkan kuisioner kepada beberapa masyarakat dari beragam golongan umur untuk mengetahui respon dan minat mereka pada toko online. Kebanyakan dari responden menyatakan bahwa mereka lebih tertarik pada promosi yang menjual pakaian atau aksesoris unik. Akhirnya kami memutuskan untuk memilih bisnis batik ini.
Kami memilih bisnis batik dengan alasan di daerah kami banyak sekali perajin batik hebat. Namun, mereka kurang mempunyai tempat untuk mempromosikan produknya dengan leluasa. Produk yang mereka jual dengan harga murah kepada para distributor, justru dijual mahal di perkotaan. Dengan bisnis online ini, mereka berhak menentukan harga pasarnya sendiri, sehingga mampu menarik minat masyarakat: barang murah dengan kualitas tinggi, karena buatan ahlinya langsung. Ide membuat bisnis batik online ini juga didasari oleh pemikiran agar para perajin daerah dapat mengembangkan karyanya dan menunjukkan pada masyarakat bahwa kemampuan mereka patut diacungi jempol.
Visi dari perusahaan kami ini adalah membangun usaha untuk menguasai pasar. Dan misi yang kami usung adalah memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan, menyaediakan produk-produk yang inovatif dan kreatif, menyusun strategi yang baik dalam promosi, dan menyusun suatu manajemen usaha yang baik. Sasaran dari usaha kami ini adalah seluruh lapisan masyarakat. Perempuan, laki-laki, usia tua, muda, maupun anak-anak.
Dana awal yang kami dapatkan berasal dari pengajuan proposal bisnis ke berbagai rekan atau perusahaan. Bisa berupa penanaman modal uang ataupun membantu peralatan dalam proses produksinya. Nantinya akan dilakukan system bagi hasil/keuntungan kepada para donatur ini. Selain dari pengajuan proposal, dana juga didapatkan dari pesanan pre-order dan ongkos kirim.

 B. Produk
 Produk utama yang kami tawarkan pada bisnis ini adalah bahan baju batik dan juga pakaian batik yang siap jadi. Selain produk utama pakaian, kami juga menyediakan produk bermotif batik lainnya, seperti sarung bantal, tas, softcase laptop, dompet, sandal, dan beberapa aksesoris lainnya yang bermotif batik.
 Produksi pakaian batik dilakukan dengan membuat desainnya terlebih dahulu. Lalu kita lakukan proses pembuatan batik pada kain yang telah disiapkan. Kami sediakan beberapa barang dengan motif batik yang beragam untuk dijadikan contoh di media internet. Saat ada pesanan dalam jumlah banyak, kami langsung mengerjakannya dalam kurun waktu yang disesuaikan dengan banyaknya jumlah pesanan. Kurun waktu ini harus disepakati bersama antara kami dengan pembeli. Kami berusaha memegang kepercayaan dari pembeli dan tidak mengecewakan, serta mengusahakan sebisa mungkin mengerjakan apa yang mereka inginkan. Begitu juga dengan produksi barang lainnya. Kurang lebih sama seperti produksi pakaian batik.
 Gambar gambar Produk


Beberapa potong bahan baju

  
 contoh sandal tiklek bati dan sarung bantal batik wayang


contoh tas Gaul batik Tulis

C. Pemasaran
 Bentuk pemasaran yang kami rencanakan adalah mempromosikan produk terutama melalui media internet dan  jejaring sosial,  seperti membuat blog,  akun Facebook, Twitter, blakbarry masanjer, we cat, whatsapp maupun promosi lewat Kaskus . Kami menargetkan, dalam seminggu promosi awal yang kami lakukan dengan gencar, dapat langsung menarik minat para pembeli. Selain melaui media internet, kami juga berusaha menawarkan ke rekan-rekan, bercerita dari mulut ke mulut.

D. Struktur Organisasi, Manajemen dan SDM
  
-->
Data Perusahaan

1. Nama Perusahaan : Omah Batik Sendang Tulungagung


2. Bidang Usaha : Manufaktur


3. Jenis Produk/Jasa : Batik Dan Kerajinannya


4. Alamat Perusahaan : Jln Raya Senmdang 06 Sendang Tagung


5. Nomor Telepon : 085646137486


6. Alamat E-mail : Kakdoto1@gmail.com


7. Situs Web : http://batikjoss.blogspot.com


8. Bentuk Badan Hukum : Usaha dagang


10. Mulai Berdiri : 01 Januari 2013




. Biodata Pemilik/Pengurus


1. Nama : Slamet Riadi


2. Jabatan : Pimpinan


3. Tempat dan Tanggal Lahir : Tulungaung 11/06/1984


4. Alamat Rumah : Dsn/Ds Sebdang 02/01 Sendang Tulungagung


5. Nomor Telepon : 085646137486


6. Alamat E-mail : Kakdoto1@gmail.com


7. Pendidikan Terakhir : Sekolah Menengah Kejuruan
-->

  Karena merupakan usaha baru, perusahaan batik ini kurang lebih hanya terdiri dari 10 orang anggota. 2 orang perajin batik ahli, 4 orang bekerja di proses produksi lanjut, 1 orang manager keuangan, 1 orang logistic, 1 orang marketing, dan 1 orang direktur.
Direktur bertugas mengkoordinir seluruh elemen agar bisnis berjalan lancar dan terorganisir. Manager keuangan bertugas mengatur segala bentuk aliran dana selama bisnis berlangsung secara transparan. Marketing bertugas menentukan strategi pemasaran yang akan dipakai untuk mempromosikan dan memperkenalkan produk, memberikan desain dan motif batik, serta barang-barang yang banyak diminati masyarakat sebagai masukan pada bagian produksi. Logistik bertugas menyediakan segala macam kebutuhan dan peralatan yang dibutuhkan bagian produksi selama bisnis berlangsung. Bagian produksi terbagi menjadi 2 fungsi, ada perajin batik ahli yang bertugas mengerjakan motif batik di atas media yang diperlukan. Sedangkan proses produksi lanjut bertugas mengerjakan lebih lanjut hasil motif batik yang sudah dituangkan ke dalam media oleh perajin menjadi bentuk produk tertentu, seperti menjahit kembali menjadi pakaian, tas, sarung bantal, sandal dan lain-lain. Intinya, dalam proses produksi ini kedua memiliki fungsi yang berbeda tetapi dapat bekerja sama satu sama lain.
Perangkat yang kami butuhkan untuk proses produksi antara lain canting untuk membatik, pewarna batik/tinta, alat pemanas, kain, kayu halus yang sudah dibentuk (untuk sandal), mesin jahit lengkap dengan peralatan menjahitnya, seperti benang, kapur kain dan sebagainya. Selain itu kami juga menyiapkan kantong-kantong bermotif batik sebagai identitas dari perusahaan.
Persiapan Pemilihan dan pengukuran bahan kain
Persiapan Pola pada bahan yang akan di beri lilin
Proses pelilinan dengan cara traditional
Proses pewarnaan
Proses lorot/ menghilangkan lilin pada kain.
Proses Penjemuran
Bahan  baju yang berasal dari batik tulis jadi
     E. Keuangan ( RAB )
 Kami menyediakan target pasar dalam kurun waktu kurang lebih 6 bulan. Enam bulan ini dapat dianggap sebagai masa percobaan untuk melihat respon dari masyarakat terhadap produk kami, dan memperkirakan kemajuan serta produksi lebih lanjut dari tiap produknya.
 
1.Demand
a.Perkiraan Permintaan
No
Nama Produk
Periode
1
2
3
1
Pakaian (baju) Batik
50
80
120
2
Sarung bantal
40 set
60 set
80 set
3
Tas
40
50
65
4
Softcase Laptop
35
45
60
5
Bahan
35
45
60
6
Sandal
35 ps
45 ps
60 ps

b.Harga Jual
No
Nama Produk
Harga Jual
1
Pakaian (baju) Batik
Rp 85.000,00
2
Sarung bantal (4 buah/set)
Rp 95.000,00
3
Tas
Rp 50.000,00
4
Softcase Laptop
Rp 45.000,00
5
Dompet
Rp 35.000,00
6
Sandal (per pasang)
Rp 30.000,00

c.Perkiraan Pendapatan
No
Nama Produk
Periode
1
2
3
1
Pakaian (baju) Batik
Rp 4.250.000,00
Rp 6.800.000,00
Rp 10.200.000,00
2
Sarung bantal
Rp 3.800.000,00
Rp 5.700.000,00
Rp 7.600.000,00
3
Tas
Rp 2.000.000,00
Rp 2.500.000,00
Rp 3.250.000,00
4
Softcase Laptop
Rp 1.575.000,00
Rp 2.025.000,00
Rp 2.700.000,00
5
Dompet
Rp 1.225.000,00
Rp 1.575.000,00
Rp 2.100.000,00
6
Sandal
Rp 1.050.000,00
Rp 1.350.000,00
Rp 1.800.000,00

Total Pendapatan
Rp 13.900.000,00
Rp 19.950.000,00
Rp 27.650.000,00


2.Analisis Biaya
a.Biaya Perangkat
No
Item
Harga Satuan
Unit
Jumlah
1
Canting
Rp 75.000,00
3
Rp 225.000,00
2
Mesin jahit
Rp 800,000,00
2
Rp 1.600.000,00
3
Kompor pemanas
Rp 750.000,00
2
Rp 750.000,00

Total Biaya Perangkat


Rp 2.575.000,00




b.Biaya Riset
Biaya riset digunakan kurang lebih untuk membuat 20 barang sampel.
No
Inisialisasi Riset
Jumlah
1
Riset Awal


Kain
Rp 2.500.000,00

Benang
Rp 200.000,00

Tinta batik
Rp 200.000,00

Kayu (sandal)
Rp 250.000,00

Karet
Rp 175.000,00

Kapur kain
Rp 50.000,00

Minyak
Rp 225.000,00

Lem
Rp 150.000,00




Total Biaya Riset
Rp 3.750.000,00
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: PERUSAHAAN BATIK
Ditulis oleh KAK DOTO
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://batikjoss.blogspot.com/2013/06/perusahaan-batik-omah-batik-sendang_19.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

4 komentar:

Unknown mengatakan...

saya bisa ikut gabung untuk jadi sailler di usaha ini?

Unknown mengatakan...

saya bisa ikut gabung untuk jadi sailler di usaha ini?

lenyndra mengatakan...

terima kasih infonya..kebetulan kami sedang mengembangkan bisnis tas batik kami via online di Ig noyarania tas batik

NITA mengatakan...

ass, apakah saya bisa minta data penjualan perbulan untuk melengkapi data skripsi saya ? trimaksh.

Posting Komentar

trikmudahseo.blogspot.com support www.evafashionstore.com - Original design by Bamz | Copyright of BATIK INDONESIA.