PERUSAHAAN BATIK
Rabu, 19 Juni 2013
4
komentar
OMAH BATIK
SENDANG TULUNGAGUNG
SENDANG TULUNGAGUNG
A. Pendahuluan
Perusahaan bisnis yang kami jalankan diberi nama
Omah Batik. Perusahaan ini bergerak di bidang pemasaran batik. ‘Omah’ dalam
bahasa Indonesia berarti rumah. Di dalam Omah Batik ini tersedia bermacam-macam
barang bermotif batik. Seperti yang kita ketahui, batik semakin diminati oleh
banyak kalangan dan masyarakat. Tidak hanya di dalam negeri, di luar negeri pun
batik kian digemari. Oleh karena itu, strategi pemasaran yang kami gunakan
adalah media jejaring social yang terkenal dan banyak digemari masyarakat agar
penjualan dapat dilakukan secara online dan dapat diakses oleh seluruh
masyarakat di berbagai daerah. Selain pakaian batik, kami juga menyediakan
produk bermotif batik lainnya, seperti sarung bantal, tas, softcase laptop,
dompet, dan sandal.
Sebelum membuat bisnis plan ini, kami
menyebarkan kuisioner kepada beberapa masyarakat dari beragam golongan umur
untuk mengetahui respon dan minat mereka pada toko online. Kebanyakan dari
responden menyatakan bahwa mereka lebih tertarik pada promosi yang menjual
pakaian atau aksesoris unik. Akhirnya kami memutuskan untuk memilih bisnis
batik ini.
Kami memilih bisnis batik dengan alasan di
daerah kami banyak sekali perajin batik hebat. Namun, mereka kurang mempunyai
tempat untuk mempromosikan produknya dengan leluasa. Produk yang mereka jual
dengan harga murah kepada para distributor, justru dijual mahal di perkotaan.
Dengan bisnis online ini, mereka berhak menentukan harga pasarnya sendiri,
sehingga mampu menarik minat masyarakat: barang murah dengan kualitas tinggi,
karena buatan ahlinya langsung. Ide membuat bisnis batik online ini juga
didasari oleh pemikiran agar para perajin daerah dapat mengembangkan karyanya
dan menunjukkan pada masyarakat bahwa kemampuan mereka patut diacungi jempol.
Visi dari perusahaan kami ini adalah membangun
usaha untuk menguasai pasar. Dan misi yang kami usung adalah memberikan
pelayanan yang terbaik bagi pelanggan, menyaediakan produk-produk yang inovatif
dan kreatif, menyusun strategi yang baik dalam promosi, dan menyusun suatu
manajemen usaha yang baik. Sasaran dari usaha kami ini adalah seluruh lapisan
masyarakat. Perempuan, laki-laki, usia tua, muda, maupun anak-anak.
Dana awal yang kami dapatkan berasal dari
pengajuan proposal bisnis ke berbagai rekan atau perusahaan. Bisa berupa
penanaman modal uang ataupun membantu peralatan dalam proses produksinya.
Nantinya akan dilakukan system bagi hasil/keuntungan kepada para donatur ini.
Selain dari pengajuan proposal, dana juga didapatkan dari pesanan pre-order dan
ongkos kirim.
B. Produk
Produk utama yang kami tawarkan pada
bisnis ini adalah bahan baju batik dan juga pakaian batik yang siap jadi.
Selain produk utama pakaian, kami juga menyediakan produk bermotif batik
lainnya, seperti sarung bantal, tas, softcase laptop, dompet, sandal, dan
beberapa aksesoris lainnya yang bermotif batik.
Produksi pakaian batik dilakukan dengan
membuat desainnya terlebih dahulu. Lalu kita lakukan proses pembuatan batik
pada kain yang telah disiapkan. Kami sediakan beberapa barang dengan motif
batik yang beragam untuk dijadikan contoh di media internet. Saat ada pesanan
dalam jumlah banyak, kami langsung mengerjakannya dalam kurun waktu yang
disesuaikan dengan banyaknya jumlah pesanan. Kurun waktu ini harus disepakati
bersama antara kami dengan pembeli. Kami berusaha memegang kepercayaan dari
pembeli dan tidak mengecewakan, serta mengusahakan sebisa mungkin mengerjakan
apa yang mereka inginkan. Begitu juga dengan produksi barang lainnya. Kurang
lebih sama seperti produksi pakaian batik.
Gambar gambar Produk
Beberapa potong bahan baju
contoh sandal tiklek bati dan sarung bantal batik wayang
contoh tas Gaul batik Tulis
Gambar gambar Produk
Beberapa potong bahan baju
contoh sandal tiklek bati dan sarung bantal batik wayang
contoh tas Gaul batik Tulis
C. Pemasaran
Bentuk pemasaran yang kami rencanakan
adalah mempromosikan produk terutama melalui media internet dan jejaring sosial, seperti membuat blog, akun Facebook, Twitter, blakbarry masanjer, we
cat, whatsapp maupun promosi lewat Kaskus . Kami menargetkan, dalam seminggu
promosi awal yang kami lakukan dengan gencar, dapat langsung menarik minat para
pembeli. Selain melaui media internet, kami juga berusaha menawarkan ke
rekan-rekan, bercerita dari mulut ke mulut.
D. Struktur Organisasi, Manajemen dan SDM
Data
Perusahaan
1. Nama
Perusahaan :
Omah
Batik Sendang Tulungagung
2. Bidang
Usaha :
Manufaktur
3. Jenis
Produk/Jasa :
Batik
Dan Kerajinannya
4. Alamat
Perusahaan :
Jln
Raya Senmdang 06 Sendang Tagung
5. Nomor
Telepon :
085646137486
6. Alamat
E-mail
: Kakdoto1@gmail.com
7. Situs
Web :
http://batikjoss.blogspot.com
8. Bentuk
Badan
Hukum :
Usaha dagang
10.
Mulai
Berdiri :
01
Januari 2013
.
Biodata
Pemilik/Pengurus
1. Nama :
Slamet
Riadi
2. Jabatan :
Pimpinan
3. Tempat
dan
Tanggal
Lahir :
Tulungaung
11/06/1984
4. Alamat
Rumah :
Dsn/Ds
Sebdang 02/01 Sendang Tulungagung
5. Nomor
Telepon :
085646137486
6. Alamat
E-mail :
Kakdoto1@gmail.com
7. Pendidikan
Terakhir :
Sekolah
Menengah Kejuruan
-->
Karena merupakan usaha baru, perusahaan batik ini kurang lebih hanya terdiri dari 10 orang anggota. 2 orang perajin batik ahli, 4 orang bekerja di proses produksi lanjut, 1 orang manager keuangan, 1 orang logistic, 1 orang marketing, dan 1 orang direktur.
Direktur bertugas mengkoordinir seluruh elemen
agar bisnis berjalan lancar dan terorganisir. Manager keuangan bertugas
mengatur segala bentuk aliran dana selama bisnis berlangsung secara transparan.
Marketing bertugas menentukan strategi pemasaran yang akan dipakai untuk
mempromosikan dan memperkenalkan produk, memberikan desain dan motif batik,
serta barang-barang yang banyak diminati masyarakat sebagai masukan pada bagian
produksi. Logistik bertugas menyediakan segala macam kebutuhan dan peralatan
yang dibutuhkan bagian produksi selama bisnis berlangsung. Bagian produksi
terbagi menjadi 2 fungsi, ada perajin batik ahli yang bertugas mengerjakan
motif batik di atas media yang diperlukan. Sedangkan proses produksi lanjut
bertugas mengerjakan lebih lanjut hasil motif batik yang sudah dituangkan ke
dalam media oleh perajin menjadi bentuk produk tertentu, seperti menjahit
kembali menjadi pakaian, tas, sarung bantal, sandal dan lain-lain. Intinya,
dalam proses produksi ini kedua memiliki fungsi yang berbeda tetapi dapat
bekerja sama satu sama lain.
Perangkat yang kami butuhkan untuk proses
produksi antara lain canting untuk membatik, pewarna batik/tinta, alat pemanas,
kain, kayu halus yang sudah dibentuk (untuk sandal), mesin jahit lengkap dengan
peralatan menjahitnya, seperti benang, kapur kain dan sebagainya. Selain itu
kami juga menyiapkan kantong-kantong bermotif batik sebagai identitas dari
perusahaan.
Persiapan Pemilihan dan pengukuran bahan kain |
Persiapan Pola pada bahan yang akan di beri lilin |
Proses pelilinan dengan cara traditional |
Proses pewarnaan |
Proses lorot/ menghilangkan lilin pada kain. |
Proses Penjemuran |
Bahan baju yang berasal dari batik tulis jadi |
E. Keuangan ( RAB )
Kami
menyediakan target pasar dalam kurun waktu kurang lebih 6 bulan. Enam bulan ini
dapat dianggap sebagai masa percobaan untuk melihat respon dari masyarakat
terhadap produk kami, dan memperkirakan kemajuan serta produksi lebih lanjut
dari tiap produknya.
1.Demand
a.Perkiraan
Permintaan
No
|
Nama
Produk
|
Periode
|
||
1
|
2
|
3
|
||
1
|
Pakaian (baju) Batik
|
50
|
80
|
120
|
2
|
Sarung bantal
|
40
set
|
60
set
|
80
set
|
3
|
Tas
|
40
|
50
|
65
|
4
|
Softcase Laptop
|
35
|
45
|
60
|
5
|
Bahan
|
35
|
45
|
60
|
6
|
Sandal
|
35
ps
|
45
ps
|
60
ps
|
b.Harga
Jual
No
|
Nama
Produk
|
Harga
Jual
|
1
|
Pakaian (baju) Batik
|
Rp
85.000,00
|
2
|
Sarung bantal (4 buah/set)
|
Rp
95.000,00
|
3
|
Tas
|
Rp
50.000,00
|
4
|
Softcase Laptop
|
Rp
45.000,00
|
5
|
Dompet
|
Rp
35.000,00
|
6
|
Sandal (per pasang)
|
Rp
30.000,00
|
c.Perkiraan
Pendapatan
No
|
Nama
Produk
|
Periode
|
||
1
|
2
|
3
|
||
1
|
Pakaian (baju) Batik
|
Rp
4.250.000,00
|
Rp
6.800.000,00
|
Rp
10.200.000,00
|
2
|
Sarung bantal
|
Rp
3.800.000,00
|
Rp
5.700.000,00
|
Rp
7.600.000,00
|
3
|
Tas
|
Rp
2.000.000,00
|
Rp
2.500.000,00
|
Rp
3.250.000,00
|
4
|
Softcase Laptop
|
Rp
1.575.000,00
|
Rp
2.025.000,00
|
Rp
2.700.000,00
|
5
|
Dompet
|
Rp
1.225.000,00
|
Rp
1.575.000,00
|
Rp
2.100.000,00
|
6
|
Sandal
|
Rp
1.050.000,00
|
Rp
1.350.000,00
|
Rp
1.800.000,00
|
Total Pendapatan
|
Rp
13.900.000,00
|
Rp
19.950.000,00
|
Rp
27.650.000,00
|
2.Analisis Biaya
a.Biaya
Perangkat
No
|
Item
|
Harga
Satuan
|
Unit
|
Jumlah
|
1
|
Canting
|
Rp 75.000,00
|
3
|
Rp 225.000,00
|
2
|
Mesin jahit
|
Rp 800,000,00
|
2
|
Rp 1.600.000,00
|
3
|
Kompor pemanas
|
Rp 750.000,00
|
2
|
Rp 750.000,00
|
Total Biaya Perangkat
|
Rp 2.575.000,00
|
b.Biaya
Riset
Biaya
riset digunakan kurang lebih untuk membuat 20 barang sampel.
No
|
Inisialisasi
Riset
|
Jumlah
|
1
|
Riset Awal
|
|
Kain
|
Rp 2.500.000,00
|
|
Benang
|
Rp 200.000,00
|
|
Tinta batik
|
Rp 200.000,00
|
|
Kayu (sandal)
|
Rp 250.000,00
|
|
Karet
|
Rp 175.000,00
|
|
Kapur kain
|
Rp 50.000,00
|
|
Minyak
|
Rp 225.000,00
|
|
Lem
|
Rp 150.000,00
|
|
Total Biaya Riset
|
Rp 3.750.000,00
|
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: PERUSAHAAN BATIK
Ditulis oleh KAK DOTO
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://batikjoss.blogspot.com/2013/06/perusahaan-batik-omah-batik-sendang_19.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.Ditulis oleh KAK DOTO
Rating Blog 5 dari 5
4 komentar:
saya bisa ikut gabung untuk jadi sailler di usaha ini?
saya bisa ikut gabung untuk jadi sailler di usaha ini?
terima kasih infonya..kebetulan kami sedang mengembangkan bisnis tas batik kami via online di Ig noyarania tas batik
ass, apakah saya bisa minta data penjualan perbulan untuk melengkapi data skripsi saya ? trimaksh.
Posting Komentar